Sabtu, 13 Juli 2013

Manfaat Terong Belanda Bagi Kesehatan


Terong Belanda


 


Terong yang kita kenal biasanya diolah menjadi sayur tapi ada juga terong yang enak untuk dijadikan minuman serta kaya manfaat. Terong ini adalah Terong Belanda, dengan manfaat Terong Belanda yang tidak diragukan lagi. Terong ini hidup di daerah pegunungan pada ketinggian 500 hingga 1000 meter di atas permukaan laut.

Buah terong belanda berbentuk oval ini berukuran 3-10 cm x 3-5 cm dan meruncing di ke dua ujungnya, bertangkai panjang, daun kelopaknya tidak mudah rontok, daging buahnya mengandung banyak sari buah, berwarna kehitam-hitaman sampai kekuning-kuningan, agak asam, kulit buah tipis. Saat masih muda warnanya kuning kemudian seiring dengan matangnya buah, kulit buah berubah menjadi agak keunguan. Bulat pipih pada bijinya, namun tipis, dan keras.

Pada hari-hari yang panas dan malam-malam yang dingin pada musim kemarau di daerah tropik Rasa buah akan menjadi lebih baik daripada selama musim dingin dataran tinggi. Petani memanen terong belanda sepanjang tahun. Setahun, dalam satu pohon terong belanda bisa menghasilkan kira-kira 70 kg buah. Salah satu tempat penanaman buah terong belanda ada di daerah Wonosobo dan Bogor.
Mungkin tidak banyak yang menyukai buah terong belanda ini, tapi tetap saja buah ini memiliki khasiat. Kali ini saya akan menjelaskan tentang manfaat Terong Belanda bagi kesehatan kita. Terong belanda ini memiliki manfaat sebagai berikut :
·         Buah yang kaya provitamin A, baik untuk kesehatan mata. Untuk penderita rabun, sangat disarankan menkonsumsi terong belanda ini. Karena terong belanda ini mengandung vitamin A yang cukup tinggi.
·         Buah yang kaya vitamin C, bagus untuk mengobati sariawan dan meningkatkan daya tahan tubuh.Dengan rasa-nya yang asam, terong Belanda ini pasti mengandung vitamin C yang banyak. Hal ini bagus untuk mengobati sariawan dan penyakit yang disebabkan kurangnya vitamin C.
·         Buah yang kaya mineral seperti fosfor, potasium dan magnesium yang sangat baik untuk tubuh kita. Untuk pertumbuhan tubuh, terong ini sangat bagus karena mengandung fosfor dan magnesim yang akan membantu pertumbuhan tulang.
·         Buah yang kaya serat, sangat bermanfaat untuk mencegah kanker dan sembelit. Terong ini juga bagus untuk menjaga kesehatan pencernaan karena merupakan salah satu buah yang mengandung serat sangat besar. manfaat terong belanda ini sangat membantu mencegah kanker dan sembelit.
·         Mengandung antosianin, serta termasuk kedalam golongan flavonoid yang merupakan salah satu jenis antioksidan. Sehingga membantu daya tahan tubuh menjadi lebih baik. 
Meskipun manfaat terong belanda sangat banyak, Terong belanda jarang di hidangkan sebagai buah meja karena rasanya yang agak asam. Buah ini cocok jika di hidangkan dalam bentuk olahan, di buat sirup, di buat jus terong belanda atau menjadi bahan campuran salad.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar